Belajar Cara Gampang Bikin Podcast lewat Smartphone bareng kelas “Bisa Bikin Podcast”

Siapa sih yang gak tahu podcast? Akhir-akhir ini konten yang berbentuk audio sepertinya sedang menjamur di kalangan anak muda. Apalagi pengguna konten streaming audio seperti di Spotify terus bertambah. Tentunya ini jadi potensi yang sangat besar untuk Anda yang sangat suka berpendapat, bersuara, dan membagikannya.

 

Tapi susah gak sih untuk membuat podcast? Jangan-jangan butuh peralatan bagus yang harganya mahal ya? Tenang aja, bikin podcast sangat gampang dan murah kok, cukup menggunakan smartphone atau laptop aja, Anda sudah dapat bersuara dan berbagi pendapat secara digital. Lalu bagaimana nih caranya?

 

Tentukan Apa yang Ingin Anda Omongin

Sebelum merekam suara, pastikan dulu mau ngomongin apa. Kalau bisa sih pilih topik relevan yang dapat menarik para pendengar. Cara paling mudah saat memilih topik adalah menyesuaikan dengan passion Anda. Sehingga Anda akan benar-benar paham dengan apa yang dibicarakan, dan dapat menjadi ahli yang dipercaya para pendengar.

 

Rekam Suaramu

Kemudian silahkan mulai bersuara, mau sendirian, ngobrol berdua, atau ramai-ramai juga boleh, yang terpenting adalah yang dibicarakan seru dan hasil rekaman jelas. Gak usah pakai mic yang mahal, pakai smartphone aja sebenarnya sudah cukup. Tapi pastikan suasana rekaman berlangsung kondusif, jangan rekaman di pinggir jalan raya, mending rekaman di rumah aja.

 

Pakai Aplikasi Ajaib Bernama Anchor.fm

Jadi apa rekaman Anda sudah selesai? Sekarang tinggal didistribusikan aja deh ke Anchor.fm. Lewat platform ini Anda bisa mengatur profil, edit audio seperti memotong dan menambahkan intro, hingga membuat rekaman suara baru  secara gratis. Hebatnya lagi podcast kamu dapat terunggah ke Spotify, Apple Podcast, Google Podcast, dan platform lainnya.

 

Kelas Bisa Bikin Podcast

Nah, hal-hal di atas sebenarnya sudah dipelajari dengan lebih detail dan lengkap di acara kelas Bisa Bikin Podcast yang diselenggarakan di EJSC Malang, pada 16 dan 17 Desember 2020 kemarin lho. Hal yang dipelajari bukan hanya cara merekam aja, tapi juga peralatan podcast lain yang dapat membantu, proses editing audio lebih lanjut, hingga cara publikasi podcast agar dapat diketahui banyak orang. Menariknya lagi di acara yang diselenggarakan oleh Dako Brand & Communication bekerja sama dengan Bingkai Karya ini, para peserta juga belajar dan praktek secara langsung.

 

“Kelas Bisa Bikin Podcast seru banget, aku mendapatkan banyak insight baru dan sudah siap bikin podcast-ku sendiri”, kata Kak Laras, salah satu peserta kelas Bisa Bikin Podcast.

 

Semoga saja kedepannya, kelas Bisa Bikin Podcast dapat diadakan lagi ya, dan kamu jadi salah satu peserta di acara yang asik ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *