//Cara Menyulap Audio Podcast-mu Agar Semakin Enak Didengerin

Cara Menyulap Audio Podcast-mu Agar Semakin Enak Didengerin

Dalam sebuah podcast hal yang paling penting tentunya adalah tentang konten yang disampaikan ke pendengar ya. Tapi sebagus apapun kontennya kalau kualitas audio podcast-nya buruk, pasti gak bakalan enak didengerin juga kan. Terus apakah membuat podcast yang kualitasnya bagus harus punya peralatan yang mahal?

Well, semakin mahal alatnya tentunya akan menghasilkan kualitas yang semakin baik pula. Tapi gak usah khawatir, dengan alat yang biasa-biasa saja asalkan diproses dengan baik pasti juga gak bakalan kalah bagus kok. Nah, gimana nih tips-tips agar kualitas audio podcast-mu semakin baik? Yuk simak!

Persiapan Dulu di Pra-Produksi

Ibaratkan seorang musisi, sebelum tampil mereka perlu melakukan sound check terlebih dahulu agar audio yang keluar bisa pas dan optimal. Nah, proses ini juga harus dilakukan ketika kamu akan memproduksi podcast-mu sendiri. Pastikan suara yang masuk tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah, dan jika yang berbicara lebih dari satu juga perlu dipastikan bahwa kualitas suaranya sama.

Proses ini sangat penting lho, karena akan memudahkan proses-proses selanjutnya terutama saat editing. Untuk memudahkan lagi kamu juga bisa menggunakan mixer, mic, dan sound card untuk mengatur volume suara yang akan diproses. Tenang aja, harganya tidak terlalu mahal kok dengan harga ratusan ribu kamu sudah dapat mendapatkan ketiga alat ini.

Mulai Merekam Suaramu

Setelah persiapan telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah mulai melakukan rekaman, Pastikan  juga kondisi di sekitar benar-benar kondusif, sehingga tidak ada suara di luar audio podcast yang mengganggu. Jangan lupa juga pastikan bahwa suaramu benar-benar telah terekam dan diproses menjadi audio berbentuk digital.

Edit Sana-Sini Biar Podcast-mu Semakin Berkualitas

Ketika rekaman suaramu sudah selesai, hal penting yang dilakukan adalah proses editing menggunakan digital audio workstation, beberapa contohnya adalah Logic Pro jika kamu menggunakan sistem operasi Mac, atau juga bisa dengan Adobe Audition. Proses yang dilakukan mulai dari audio cutting, memotong bagian yang tidak perlu, automation untuk mengatur volume di beberapa bagian, hingga adjust equalizer, yaitu cara untuk menyamakan suara rekaman dengan suara asli.

Di dalam editing ini juga terdapat proses mixing, yaitu menambahkan audio lain agar podcast-mu tidak membosankan. Pertama adalah dengan menambahkan bumper, sebagai intro dari podcast. Kedua dengan menambahkan backsound, sesuaikan dengan topik bahasan ya, jangan sampai menggunakan lagu yang menyeramkan untuk konten komedi. Ketiga adalah dengan menambahkan sound effect, untuk menciptakan suasana podcast yang kamu inginkan.

Beri Sentuhan Akhir dengan Proses Mastering

Selanjutnya adalah dengan memasuki proses pasca-produksi, dengan cara mastering. Apa yang membedakan dengan mixing? Di mixing file-file audio masih terpisah-pisah, nah setelah menjadi satu baru memasuki proses mastering. Proses ini adalah tahap akhir untuk memastikan kualitas podcast yang dibuat benar-benar baik dan optimal.

Nah, hal-hal di atas sebenarnya dapat dipelajari lebih dalam di kelas “Bisa Bikin Podcast” yang diadakan oleh Dako Brand & Communication dan Bingkai Karya. Menariknya lagi di kelas pertama yang berlangsung di EJSC Malang pada 16-17 Desember 2020 ini kamu gak hanya belajar secara teori namun juga bakalan praktek secara langsung. Jika kamu tertarik pantengin terus Instagram @dakooffice dan @bingkaikarya untuk acara selanjutnya ya.

By |2020-12-31T16:13:04+00:00December 31st, 2020|Bisa Bikin Podcast|0 Comments

About the Author:

admin

Leave A Comment