//Ingin Podcast-mu Didengar Banyak Orang? Ikuti 5 Cara Ini

Ingin Podcast-mu Didengar Banyak Orang? Ikuti 5 Cara Ini

Belakangan ini sepertinya konten berbentuk visual tidak lagi menjadi satu-satunya hiburan yang digemari anak muda. Konten audio dalam bentuk podcast kini menjadi platform yang sedang naik daun. Membuat konten podcast sebenarnya bukan hal yang sulit lho, tapi bagaimana dengan proses publikasinya agar didengar banyak orang? Apalagi harus bersaing dengan ribuan podcast lainnya. Tenang aja, ikuti cara-cara ini biar podcast-mu semakin berkembang.

Share Dulu ke Instagram-mu

Setelah podcast-mu sudah berada di Spotify, hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan menyebarkannya lewat Instagram-mu. Share melalui Instagram Story dapat menjadi langkah awal untuk mengenalkan podcast-mu, dimulai dari teman-teman terdekat. Paling tidak ada orang yang tahu kalau kamu sudah memiliki podcast sendiri.

Buat Pendengar Penasaran lewat “Bait

Don’t judge a book by its cover, tapi sayangnya banyak orang menilai podcast dari judul, cover art, dan audionya. Oleh karena itu kamu perlu punya “bait” yang dapat memancing rasa penasaran pendengar. Mulai dari “bait” yang diberikan di judul, cover art, dan audio. Contoh “bait” yang berada di audio adalah meletakkan konten utama atau kata-kata yang kontroversial di awal-awal podcast sebelum intro masuk, sehingga pendengar menjadi penasaran dan mendengarkan podcast hingga selesai.

Konsisten dan Buat Jadwal Berkala

Bahkan pendengar paling setia pun tidak menghabiskan seluruh waktunya untuk menunggu podcast-mu saja. Oleh karena itu podcast yang kamu buat harus konsisten dan memiliki jadwal upload yang berkala. Nah, dengan jadwal ini podcast-mu menjadi lebih eksklusif dan pendengar dapat memastikan kapan waktu yang tepat untuk menikmati konten podcast-mu.

Kolaborasi dengan Orang Lain

Untuk menjangkau pendengar baru salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan berkolaborasi dengan orang lain. Bisa dengan melakukan wawancara terhadap narasumber, sehingga mendapatkan pendengar dari media sosial mereka. Atau memanfaatkan key opinion leader alias influencer untuk mengenalkan dan membagikan podcast yang kamu buat.

Iklanin secara Digital

Nah, selain cara-cara organik di atas, cara lainnya adalah dengan melakukan pemasaran secara digital. Terdapat dua platform yang sering digunakan, Google Ads untuk memasarkan di mesin pencarian Google dan Facebook Ads untuk menjangkau melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Namun promosi berbayar ini juga dapat dilakukan di berbagai platform lainnya seperti Twitter atau Spotify. Dengan iklan ini kamu dapat menjangkau pendengar secara lebih luas lagi yang dapat disesuaikan dengan target pendengarmu.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menyebarkan podcast yang kamu buat ke pendengar yang lebih luas. Ingin belajar lebih dalam lagi tentang podcast? Kamu bisa mempelajarinya secara seru bersama kelas Bisa Bikin Podcast. Sebuah acara kolaborasi dari Dako Brand & Communication dan Bingkai Karya yang dapat membantumu membuat podcast sendiri dengan murah dan mudah. Jika kamu tertarik pantengin terus Instagram @dakooffice dan @bingkaikarya, dan tunggu acara selanjutnya ya.

By |2020-12-31T16:15:22+00:00December 31st, 2020|Bisa Bikin Podcast|0 Comments

About the Author:

admin

Leave A Comment